Budaya adat istiadat di masyarakat tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya seperti adat larung sembonyo atau yang biasa kita dengar dengan istilah tradisi Labuh Laut oleh masyarakat pesisir pantai.
 
Di tengah-tengah wabah Virus Corona (Covid-19) yang sedang melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia ini masyarakat Dusun Sine tetap melaksanakan larung sembonyo/labuh laut yang setiap tahunnya di adakan oleh masyarakat Dusun Sine Desa Kalibatur.
 
Larung Sembonyo atau Labuh Laut adalah salah satu kebudayaan yang setiap tahunnya di adakan oleh penduduk Dusun Sine Desa Kalibatur, kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali yaitu setiap tanggal 1 Asuro dengan maksud mensukuri nikmat yang telah di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa atas semua yang telah di berikan Hatur Bapak Jaiman selaku ketua pelaksana pelaksanaan labuh laut. Beliau juga menghaturkan bahwa kegiatan labuh laut pada tahun ini di selenggarakan secara sederhana karena mengikuti arahan dari pemerintah untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan demi membatasi penyebaran virus corona, semoga pandemi ini cepat berlalu, dan untuk tahun yang akan datang kita upayakan untuk membuat kegiatan semaksimal mungkin.
 
Kebudayaan atau adat istiadat yang ada di Masyarakat tidak dapat di pisahkan karena sudah melekat pada jiwa masing-masing. Dan Kebudayaan adat istiadat seperti ini harus di lestarikan karena kegiatan seperti ini adalah salah satu identitas nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?

Tinggalkan Komentar

Komentar anda tidak akan dipublikasikan, jika formulir yang ditandai * tidak diisi.