Pada hari ini tepat pukul 12.30 WIB bertempat di Halaman Balaidesa Kalibatur telah didirikan komponen yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik atau yang biasa kita sebut dengan Solar cell. Sebagai negara tropis, Indonesia sangat kaya akan cahaya matahari. Dengan perangkat solar cell ini cahaya yang masuk akan menghasilkan tegangan dan arus yang lebih kuat pada umumnya. Sehingga, solar cell dapat menjadi sumber listrik untuk berbagai macam perangkat yang ada di rumah maupun sekitar Anda.

Cara kerja solar cell ini cukup sederhana. Komponen utama dari solar cell terbuat dari bahan semikonduktor, dimana didalamnya setidaknya terdapat dua lapisan semikonduktor berupa positif dan negatif. Saat solar cell bekerja, maka ia akan menangkap sinar matahari yang berupa partikel kecil dari energi foton matahari. Saat energi foton yang diserap oleh lapisan negatif dari solar sel telah cukup, maka elektron akan dibebaskan dari lapisan negatif menuju ke lapisan positif, sehingga timbul beda potensial alias tegangan. Dari situlah akan timbul energi listrik yang nantinya dapat disimpan ke dalam sebuah baterai, sehingga solar cell dapat digunakan selama 24 jam. Listrik yang dihasilkan oleh sistem solar cell juga dapat digunakan secara langsung. Misalnya, untuk menggunakan lampu, pompa, radio, dan sebagainya. Bukan hanya itu, listrik juga dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga yang memiliki watt cukup besar, seperti lemari pendingin dan air conditioner (AC). (https://www.sankelux.co.id/blog/Ketahui-Si)

Kali ini ada beberapa titik yang di adakan pendirian Solar Cell di Desa Kalibatur Salah satunya di Halaman Balaidesa Kalibatur dan pemakaman umum Dusun Banaran. Semoga pengadaan Solar Cell pada Tahun ini bisa memberikan Manfaat Khususnya teruntuk Masyarakat Desa Kalibatur dan tidak Hilang lagi seperti yang sudah terpasang di Sepanjang Perjalanan Menuju Pantai Sine, mari bersama-sama kita rawat dan kita jaga karena banyak kemanfaatan yang bisa kita peroleh.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?